Linux Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Android

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tahukah kamu saat ini linux sudah berumur 30 tahun, linux sendiri dilahirkan pada 25 agustus 1991 oleh salah satu mahasiswa jurusan ilmu komputer di universitas helsinki yakni Linus Torvalds. Linux terinspirasi dari minix untuk mengembangkan sistem operasi mirip Unix yang dapat dijalankan pada sebuah pc.

Linux sudah lama sekali memberikan dampak yang sangat masif bagi teknologi dunia. Jadi, dimanapun kamu berada dan siapapun kamu pasti akan kenal dengan linux jika kamu berkutik dengan teknologi saat ini.

Lantas, bagaimana Linux mengubah Dunia? Simak ulasannya.

1. Internet

Pada tanggal 25 Agustus 1991, Dunia teknologi mencatat sejarah yaitu lahirnya operating system bernama Linux. Operating system satu ini di rilis oleh seorang mahasiswa ilmu komputer di universitas helsinki yang pada awalnya Linux ini adalah sebuah hobi proyek. Ketika sudah berjalan sebulan proyeknya, Linus Torvalds akhirnya merilis linux untuk publik dan ia tidak menyangka bahwa linux yang dibuatnya itu dapat mengubah dunia hingga saat ini.

Linux sudah menjadi bagian penting untuk kemajuan teknologi dunia untuk waktu yang sangat lama. Melalui internet semua orang dapat merasakan linux secara gratis dan semua orang berhak untuk menyalin ulang atau memodifikasi linux dengan batasan batasan yang ada.

2. Perangkat Cerdas

Tidak cuma internet, sistem pembedahan dengan lebih dari 2 miliyar pengguna ialah Android, pula memakai kernel Linux selaku inti dari sistemnya. Tidak hanya itu, sistem pembedahan buatan Samsung ialah Tizen, pula dibentuk bersumber pada kernel Linux serta apalagi didukung oleh The Linux Foundation.

Nyaris seluruh fitur pintar semacam smartphone, smartwatch sampai smart Televisi yang terdapat dikala ini, bernaung pada sistem operasi berbasis Linux. Jadi, jangan cuma berterima kasih kepada Google buat Android- nya, tetapi pula Linus Torvalds buat kernel Linux- nya yang luar biasa.

3. Industri Otomotif

Mobil pintar sudah jadi hits di industri otomotif dikala ini, dengan sebagian besar produknya melaksanakan Linux. Produsen mobil pintar semacam Tesla apalagi memakai Linux selaku sistem pembedahan di tiap produknya.

Pada tahun 2018, ZDNet memberi tahu kalau Tesla merilis modifikasi kernel Linux mereka ke publik. Tidak hanya itu, Tesla tidak sendirian dalam perihal ini. Produsen mobil populer lain semacam Honda, Mazda serta Mercedes- Benz pula mengandalkan Linux buat membagikan fungsionalitas yang lebih maju kepada para konsumen

4. Superkomputer dan alat penelitian lainnya

Jadi fitur teknologi sangat kokoh di dunia, superkomputer digunakan oleh para ilmuwan buat menekuni bermacam perihal tercantum mempelajari mekanika kuantum serta memprediksi cuaca. Pada tahun 2017, tiap satu dari 500 superkomputer paling atas di dunia, melaksanakan Linux.

Di samping itu, CERN– organisasi riset nuklir yang berbasis di Eropa, pula memakai Linux buat penelitiannya. Pada tahun 2009, CERN meluncurkan mesin bertenaga Linux yang diucap selaku Large Hadron Collider, yang mereka pakai buat menekuni materi, tenaga serta gimana alam semesta ini tercipta.

5. NASA dan SpaceX

Buat alibi yang sama semacam mobil pintar serta superkompeter, NASA juga memakai Linux untuk sebagian besar pc yang terdapat di ISS( International Ruang Station). Astronaut memakai pc itu untuk melaksanakan studi serta apapun yang berkaitan dengan tugas mereka.

Tidak cuma NASA saja, SpaceX juga mengaitkan Linux ke dalam banyak proyeknya. Pada tahun 2017, SpaceX apalagi mengirim superkomputer berbasis Linux yang dibesarkan oleh HP ke luar angkasa. Kendaraan ataupun satelit luar angkasa dari SpaceX semacam Dragon serta Falcon 9, juga dikabarkan melaksanakan Linux.

6. Raspberry Pi

Untuk yang belum ketahui, Raspberry Pi ialah pc mini yang biasanya digunakan buat mengarahkan dasar- dasar komputasi serta pemrograman. Raspberry Pi dibesarkan di Inggris, dijual di kisaran harga US$5 sampai US$35 serta melaksanakan Linux selaku sistem operasinya.

Keberadaan Raspberry Pi secara efisien menolong banyak sekolah buat membagikan pengetahuan komputasi kepada para muridnya dengan gampang serta murah. Raspberry Pi seolah LEGO dari dunia komputasi, yang membolehkan‘ kanak- kanak’ buat bermain dengan komponen kunci dari masa depan mereka.

7. Pendidikan

Institusi pendidikan di negara-negara seperti Pakistan, India dan Filipina, menganjurkan dan menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama mereka. Alasannya sederhana, karena Linux memiliki biaya pemasangan yang rendah.

Bahkan di beberapa negara berkembang, gerakan ‘satu anak satu laptop’ terus digencarkan. Seperti di Makedonia misalnya, proyek ‘A Computer For Every Child’ pada tahun 2005, mendistribusikan 5,000 komputer yang menjalankan Ubuntu kepada sekolah-sekolah umum, diikuti dengan lebih dari 180,000 laptop dua tahun kemudian.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai bagaimana Linux mengubah dunia dengan cara yang tidak kita ketahui. Pada akhirnya, Linux berkontribusi terhadap perkembangan dunia lewat cara yang tidak terduga, mempermudah banyak hal dalam kehidupan manusia dan kita sebagai manusia sendiri, patut berterima kasih kepada Linux untuk itu.

Next Post

No more post

Hanya Seorang Pengemis Receh di Dunia Internet.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *